Cara Membuat Kembang Api Sederhana

Siapa yang suka kembang api?? Siapa saja suka, karena rasanya menyenangkan ya.. Mulai dari yang muda hingga tua antusias nyalain kembang api. Tapi tau nggak ternyata kembang api digolonkan sebagai bahan peledak. Walaupun low explosive, kalau nggak hati-hati akan sangat membahayakan. Bubuk mesiu pada kembang api jika terhirup atau tertelan menyebabkan keracunan. Percikan apinya jika jatuh pada tempat yang tidak tepat, akan menyebabkan kebakaran. Kalau udah kejadian, perayaan apapun udah nggak asik lagi.
Nah, ayo kita kenali lebih dekat si peledak yang indah ini.


Kembang Api Sos-Dor pertama kali ditemukan sekitar 2000 tahun yang lalu di negeri Cina. Diawali saat koki yang memasak suatu bahan dan secara tidak sengaja mencampur tiga bahan bubuk hitam (black powder) yang ada di dapurnya, yaitu garam peter atau KNO3 (kalium nitrat), belerang (sulfur) dan arang dari kayu (charcoal).

Campuran ini ditempatkan dalam sebuah tabung bambu, sehingga ditemukanlah kembang api dengan bentuk yang sama. 

Pada jaman dinasti Song (960-1279), kembang api dikembangkan menjadi mesiu yang diguanakan dalam perang. Namun beberapa sumber mengatakan pula bahwa penemuan petasan pertama kali ditemukan di India, oleh seorang pendeta bernama Li Tian, sekitar 1000 tahun yang lalu. Orang-orang Cina banyak menggunakan petasan sebagai peringatan kematian Li Tian pada tanggal 18 April. Dahulu banyak orang yang menggunakan petasan sebagai simbol spiritual yang mengusir roh jahat.

Siapapun bisa membuat kembang api sederhana. Gimana caranya?

Bahan:
  1. Belerang 1 gr
  2. Serbuk besi baja 6 gr
  3. Serbuk Sendawa 9 gr
  4. Serbuk karang ayu 1 gr
  5. Perekat kayu(lem kayu) 10cc
  6. Kawat tali secukupnya
Cara membuatnya :
  1. Ambil ember plastik yang berisi lem kayu, kemudian masukkan bahan no.1 s.d. 4 yang sebelumnya telah dicampur dan ditumbuk halus
  2. Celupkan kawat tali ke dalam lem kayu lalu celupkan ke campuran bahan di atas, lalu angkat dan biarkan hingga kering
Warna-warna Kembang Api

kembang api

Kembang api berwarna sama mudahnya dibuat seperti kembang api biasa. Perbedaannya terletak pada senyawa oksidator yang digunakan. Kalium nitrat atau senyawa akan memberikan warna ungu. Barium nitrat membakar hijau. Nitrat Stronsium menyala merah. Selain memesan dari toko peralatan kimia, Anda dapat menemukan nitrat strontium suar darurat dan potasium nitrat di beberapa toko taman pasokan (atau Anda dapat membuat sendiri). Anda dapat mencampur dalam garam logam lainnya dari uji nyala api berwarna atau daftar, tetapi hanya pergi untuk satu warna. 

Ada beberapa resep untuk kembang api berwarna. Berikut adalah beberapa contoh. Bahan tercantum dalam sesuai dengan beratnya, sehingga Anda dapat menggunakan miligram atau gram atau ons.

Sparklers Merah 
  • 5 bagian nitrat strontium
  • 1 bagian lak Kawat besi Dip atau tongkat kayu dalam campuran dan biarkan hingga kering sepenuhnya sebelum digunakan. Pastikan untuk meninggalkan ruang yang cukup pada tongkat sehingga Anda dapat memegang kembang api dengan aman.
Sparklers Hijau 
  •  300 bagian potasium klorat
  •  60 bagian barium nitrat
  •  60 bagian aluminium denda, berkepak-kepak, atau butiran
  •  2 bagian arang
  • 10% dekstrin dalam larutan airCelupkan kawat atau batang pada campuran yang dibuat dari bahan-bahan kering dengan larutan dekstrin hanya cukup untuk membuat bubur kental. Keringkan sparklers sebelum digunakan.
Sparklers Purple
  • 14 bagian potasium nitrat
  •  3 bagian bubuk belerang
  •  3 bagian arang bubuk
  •  2 bagian aluminium berkepak-kepak (untuk bunga api)
  •  10% dekstrin dalam airCelupkan batang pada campuran yang dibuat dari bahan-bahan kering dengan larutan dekstrin cukup untuk membuat bubur.
Berminat mencoba??

Link: